Cari Blog Ini

Rabu, 17 November 2010

Tugas Bahasa Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada yang terhormat Guru Bahasa Indonesia serta kawan-kawanku yang saya cintai.

Marilah kita bersama-sama mengucapkan puji syukur alhamdulilah kepada Tuhan yang Maha Esa bahwasanya pagi ini kita diberi kesehatan untuk bisa berkumpul bersama-sama dalam suasana yang menyenangkan.

Terima kasih atas waktunya yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan yang menyangkut kaitanya dengan pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa SMP.

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, handphone atau ponsel bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan handphone.

Handphone adalah tekhnologi yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah komunikasi. Saat ini handphone sudah beragam macamnya, walau fungsi utamanya adalah untuk menelepon/berbicara jarak jauh, fitur handphone sudah banyak berkembang

Benda kecil serba guna ini tentu memiliki dampak-dampak tertentu pada siswa sekolah.

Pengaruh Positif Handphone

  • Sebagai alat komunikasi, handphone tentu sangat berguna bagi seorang siswa.
  • Handphone bisa berfungsi sebagai penambah wawasan dan alat bantu belajar. Dengan fiturnya yang berupa internet, siswa bisa mencari informasi apa saja dengan mudah.
  • Sebagai hiburan, handphone juga sangat berguna. Fitur MP3 yang disuguhkan akan cukup membuat siswa tidak jenuh dalam belajar.

Pengaruh Negatif Handphone

  • Pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa ternyata juga bisa buruk. Hal ini dicontohkan dengan siswa yang mungkin malah keasyikan telepon atau SMS dengan teman/pacar sehingga mereka lupa untuk belajar.
  • Fitur hiburan pada handphone juga bisa menurunkan prestasi belajar siswa. Misalnya MP3, siswa bisa saja lebih suka bersantai dengan mendengarkan lagu ketimbang harus belajar.

Fitur internet pada handphone memang bisa memberikan pengaruh baik, tapi bila tidak digunakan secara bijak, hal ini bisa saja malah menurunkan prestasi belajar siswa. Kemudahan siswa untuk bisa memperoleh info apa saja, bisa membuat siswa terlena oleh dunia maya.

Handphone bukan sekedar kebutuhan, tapi sudah menjadi gaya hidup. Bahkan, ada anggapan kalau tidak punya handphone, maka akan dicap sebagai orang kampungan.

Pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa yang lain adalah siswa menjadi lebih mengandalkan handphone daripada harus belajar. Contohnya, saat ujian, siswa bisa mencontek atau menanyakan jawaban pada teman lewat handphone (dengan SMS).

Demikian pemaparan saya mengenai pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa SMP. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Saya akhiri.

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Disusun Oleh :

Berlian Permatasari

IX – I

06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar